Atlet Kempo Kukar Sumbang Emas

PEKANBARU – Cabang olahraga beladiri Kempo Kaltim menyumbang medali emas dan perak pada hari terakhir pertandingan PON XVIII 2012, di GOR Sri Indrapura, Siak, Riau. Yules Embu Hamba Pulu asal Kukar yang turun dinomor Randori Perorangan putra kelas 65 Kg, menyabet emas setelah menyingkirkan pesaingnya dibabak final Irwanto Susanto asal Nusa Tenggara Timur.

Pelatih Kempo Kaltim Mansyur Junus mengungkapkan, perjuangan Yules untuk bisa merebut emas terakhir di cabang Kempo, terbilang ketat dan kompetitif. Yules harus bertarung selama tiga babak. Pasalnya, pada babak pertama dan kedua, skor keduanya imbang.

“Babak terakhir ini, Yules unggul satu poin dari lawannya. Yules dapat poin 5. Kalau menang, dapat poinnya 5. Memang pertandingan tadi ketat sekali dan sangat kompetitif. Makanya sampai tiga babak,” jelas Mansyur Junus saat dihubungi, Rabu (19/9).

Dengan mengantongi 5 poin, maka Kaltim berhak menyabet emas. Sementara untuk peraih medali perak diraih Irwanto Susanto asal NTT dan peraih perunggu direbut dari Papua dan Sumateta Barat (juara bersama dengan raihan poin sama).

Manajer Tim Kempo Kaltim Iskandar menambahkan, selain meraih emas dari Yules Embu Hamba Pulu, cabang Kempo Kaltim juga menambah koleksi medali perak. Adalah Isna Suryani yang diturunkan dinomor Randori Perorangan Putri kelas 51 Kg. “Hari ini Kempo dapat dua medali. Emas dan Perak. Ini sudah melebihi target yang ditentukan,” kata Iskandar.

Sebelumnya, cabang Kempo meraih pertama, Selasa (18/9) kemarin. Emas tersebut disumbangkan empat atlet Kempo putri setelah menyingkirkan tim beregu putri asal Jawa Barat, di babak final kelas beregu putri. Kaltim menurunkan empat atlet Kempo andalan. Mereka adalah Rahmi Yanti, Orva Trivena, Soraya Afifah dan Susi Susanti. Mereka mencatat poin tertinggi dengan raihan 270 poin dan berhak meraih emas.

“Kemarin kita dapat emas. Jadi total dua emas. Terget kita hanya satu emas saja. Ini sudah melebihi target. Total medali yang disumbangkan cabang Kempo 2 emas, 4 perak dan 2 perunggu. Ini hasil kerja keras tim selama mempersiapkan PON 2012,” tambah Iskandar. (fir)

Leave a Comment

Visit KONI Kukar on FACEBOOK and TWITTER